Mau Bisnis Properti Tanpa Modal? 17 Langkah Ini Wajib Diterapkan!

Artikel ini terakhir di perbaharui August 30, 2023 by David Ashari
Mau Bisnis Properti Tanpa Modal? 17 Langkah Ini Wajib Diterapkan!
Image by wirestock on Freepik

Bisnis properti dianggap sebagai alternatif investasi yang dapat diandalkan, selain emas dan saham. Di dalam industri properti, ini merupakan langkah yang menjanjikan untuk berinvestasi. Bahkan di tengah kondisi ekonomi yang tidak stabil, nilai properti cenderung stabil dan tidak mengalami penurunan yang signifikan. Mari kita lihat langkah-langkah penting yang perlu Anda terapkan agar bisnis properti Anda sukses!

Apa itu Bisnis Properti?

bisnis properti tanpa modal
Image by Freepik

Bisnis properti adalah kegiatan yang melibatkan pembelian, penjualan, penyewaan, atau pengelolaan properti dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Dalam hal ini yakni mencakup banyak aset, misalnya tanah, perumahan atau bangunan komersial, apartemen, kondominium, maupun properti industri. Ada beberapa model bisnis yang umum dalam bisnis properti, antara lain:

  • Membeli dan menjual properti: Dalam model ini, properti dibeli, dikembangkan atau diperbaiki dengan harga lebih rendah dan kemudian dijual dengan harga lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan.
  • Sewa properti: Dalam model ini, properti dibeli dan disewakan kepada penyewa dengan harga sewa yang diharapkan dapat menghasilkan pengembalian investasi dan menguntungkan dalam jangka panjang.
  • Manajemen Properti: Dalam model ini, tanah kosong atau properti dibeli, proyek konstruksi atau pengembangan besar direncanakan dan dibangun, dan tanah yang dikembangkan dijual atau disewakan. 
  • Investasi Properti: Model ini melibatkan investasi bisnis properti pengembalian investasi diharapkan melalui peningkatan nilai properti atau pendapatan sewa.

Selain itu, ada juga bisnis properti seperti agen real estate, pengembang real estate, manajer properti, atau investor real estate. Untuk berhasil dalam industri real estate, penting untuk melakukan riset pasar secara menyeluruh, memahami tren pasar, mengetahui undang-undang dan peraturan real estat yang berlaku, serta memiliki keterampilan negosiasi dan manajemen yang baik.

Bisnis properti bisa menguntungkan jika dioperasikan dengan strategi yang tepat, pengetahuan pasar yang baik, dan manajemen yang efektif. Namun, dalam bisnis properti, seperti halnya bisnis lainnya, terdapat risiko seperti volatilitas pasar, persaingan yang ketat, dan perubahan regulasi yang dapat mempengaruhi hasil bisnis.  

Baca juga: 6 Rumah Murah di Bekasi Dengan Nuansa Mewah Prospek Menjanjikan!

Mengapa Harus Berbisnis Properti?

Ada  berbagai keuntungan jika Anda memilih bisnis dalam bidang properti seperti nilai jual aset selalu mengalami kenaikan. Nilai properti ini tidak akan tergerus inflasi, sebab aset tidak berbentuk uang. Namun, jika suatu saat nilai aset akan turun, Anda tidak perlu khawatir karena jatuhnya nilai tersebut pastinya akan disertai dengan permintaan yang tinggi sehingga akan kembali ke harga normal. 

Bahkan, akan sangat bermanfaat di hari tua. Selain itu, keuntungan menjalankan bisnis properti adalah mempunyai risiko kerugian yang terbilang rendah. Ya, investasi properti mempunyai harga yang relatif stabil daripada investasi lain. Mari kita simak cara bisnis properti tanpa menggunakan modal sepeser pun!

17 Cara Bisnis Properti Tanpa Modal

Peluang bisnis 2023 memang menjanjikan, mulai dari bisnis perumahan, bisnis kos-kosan, hingga membuat perusahaan properti. Peluang usaha yang menjanjikan juga wajib disertai dengan cara yang tepat. Berikut ini adalah 17 cara menjadi agen properti yang dapat Anda ikuti.

  1. Lakukan Research Terlebih Dahulu

Bukan hanya bidang properti saja, setiap bisnis pun dimulai dengan melakukan research pasar lebih dulu. Riset pasar penting untuk memastikan Anda dapat membeli properti dengan harga masuk akal. lakukan riset terkait properti yang sedang banyak diminati, properti lokasi strategis, dan potensial market Anda.

  1. Mulai dari Orang-Orang di Sekitar Anda

Saat ada anggota keluarga yang ingin membeli maupun menjual rumah, atau instrumen properti lainnya, maka Anda dapat membantunya. Anda bisa tawarkan jasa untuk menjualkan properti atau mencarikan properti sesuai keingginan. Lalu, ambilah keuntungan jika transaksinya berhasil, jangan ambil keuntungan yang besar saat baru memulai, bangunlah reputasi terlebih dahulu.

  1. Bekerja Sama dengan Pengembang Properti

Setiap pengembang properti pasti membutuhkan tenaga pemasaran, tawarkan jasa Anda secara cuma-cuma namun mintalah komisi setiap ada properti yang Anda jual. Saat melakukan kerja sama dengan developer properti, maka jangan lupa untuk mengetahui berbagai hal mengenai aset tersebut seperti harga promosi, lokasi properti, diskon maupun penawaran lain yang menarik calon klien.

Baca juga: Ingin Membeli Rumah Tanpa DP, Benarkah Bisa?

  1. Mencari Calon Pembeli

Setelah mendapatkan kontrak dari pengembang yang terpercaya, maka sudah saatnya mencari calon pembeli. Tunjukkan skill marketing Anda agar mereka mau membeli properti yang ditawarkan. Pahami kebutuhan mereka agar Anda dapat menawarkan properti sesuai keinginan. Anda bisa mencari calon pembeli dengan masuk di group jual beli properti di Facebook atau social media dan market place lainnya.

  1. Manfaatkan Internet untuk Promosi

Saat ini hampir semua orang mempunyai akses internet. Anda harus bisa memanfaatkannya dengan melakukan promosi. Anda bisa memanfaatkan blog, media sosial, marketplace, serta forum jual beli. Sering update status whatsApp atau melakukan broadcast message juga bisa Anda lakukan.

  1. Menjadi Makelar Properti

Terjun dalam bisnis properti tanpa modal adalah dengan menjadi makelar properti. Caranya, Anda hanya perlu mengiklankan rumah atau properti. Tawarkan sistem kerjasama dengan pemilik properti untuk promosi dengan komisi yang sesuai kesepakatan.

  1. Menjadi Agen di Kantor Agen Properti

Menjadi agen di kantor agen properti dapat menjadi pilihan karier yang menarik. Sebagai agen properti, Anda akan bertanggung jawab untuk membantu klien dalam membeli, menjual, atau menyewa properti.

  1. Mengikuti Pelatihan dan seminar

Untuk Anda pemula dalam bidang jual beli properti, maka wajib mengikuti cara ini. Lakukan dengan mengikuti berbagai kelas online, pelatihan melalui media sosial atau forum-forum lainnya. Pahami juga bagaimana cara untuk menjalankan usaha dalam bisnis properti ini. Jangan lupa untuk memahami aturan dan hukumnya, ya.

  1. Bangun Reputasi

Cara ini dapat Anda mulai dengan membuat sebuah website sendiri. Anda dapat meminta bantuan teman, saudara atau orang yang ahli dalam bidang ini. Namun, jika tidak ingin menghabiskan uang, maka dapat mengikuti tutorial membuat website dari nol.

Baca juga: Linktown Sabet Penghargaan Top Principal Property Agent dari Podomoro Park

  1. Pilih Media yang Tepat

Pasarkan produk jualan Anda melalui berbagai media online maupun offline. Saat ini sudah banyak media yang menawarkan fitur terbaik dan mempunyai jangkauan luas. Seperti Facebook dan Instagram. Namun, Anda juga wajib memberikan sentuhan persuasif yang nantinya bisa menarik calon pembeli.

  1. Perluas Networking

Selanjutnya, bisa dengan memperluas networking atau jejaring terhadap mitra bisnis. Dengan ini, Anda dapat meningkatkan keterampilan serta komunikasi untuk memasarkan properti secara tepat dan benar.

  1. Buat Merek Usaha

Setelah bisnis properti mulai lancar, maka Ada bisa membuat sebuah merek dagang sendiri. Hal ini dilakukan agar lebih terlihat profesional. Carilah nama brand yang mudah diingat. Setelah itu, daftarkan nama brand tersebut secara hukum agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

  1. Rekrut Karyawan

Setelah bisnis berjalan lancar dan mulai besar, maka sudah saatnya mencari karyawan. dengan merekrut karyawan, Anda bisa meningkatkan penetrasi dan meningkatkan jangkauan Anda dalam mencari calon pembeli. Dengan semakin luasnya jangkauan, tentunya juga akan semakin mempermudah Anda dalam mendapatkan calon pembeli properti yang Anda tawarkan.

  1. Buat Konten Informatif Seputar Properti

Sebaiknya Anda tidak lupa untuk melakukan promosi. Buatlah konten-konten yang mengandung informasi tentang properti dan usahakan menyajikan info yang banyak diinginkan oleh orang lain sehingga, calon pembeli akan yakin untuk membeli properti Anda.

  1. Berani Beriklan

Untuk melebarkan jaringan maka jangan takut untuk beriklan. Banyak jalan yang dapat Anda lakukan, seperti memasang iklan melalui media sosial pribadi, seperti Facebook, Instagram, bahkan website. Dengan begitu target pasar akan semakin luas dan bisnis properti Anda juga semakin dikenal.

  1.  Masuk Group Jual Beli di Media Sosial

Cara menjadi agen properti adalah dengan mengikuti grup jual beli yang kini sudah tidak asing lagi. Banyak sekali para pebisnis baik besar maupun berskala kecil yang melakukannya, seperti di Facebook. Selain mencari konsumen, di sana Anda akan mendapatkan berbagai informasi yang diperlukan dalam menjalankan bisnis.

  1.  Kumpulkan Database

Langkah yang tidak boleh Anda lewatkan adalah mengumpulkan data base dalam bisnis. Seperti data properti, data pelanggan, data transaksi, data pasar, serta dokumentasi hukum. Dengan penggunaan data base ini, maka usaha properti bisa Anda kelola secara lebih efisien dan akurat. Semakin banyak database yang Anda kumpulkan maka akan semakin memperbesar peluang Anda dalam menjual properti.

 Itulah berbagai cara dalam menjalankan bisnis properti tersebut diatas tentu tidak akan berhasil jika tidak dilakukan dengan gigih dan ulet. Jadi, pahami dan lakukan dengan ketelatenan, niscaya peluang usaha dalam bidang properti bisa mendatangkan cuan yang Anda inginkan.