7 Ide Desain Dapur Outdoor, Masak Jadi Menyenangkan!

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2023 by David Ashari
7 Ide Desain Dapur Outdoor, Masak Jadi Menyenangkan!

Dapur nyatanya tak hanya bisa didesain di dalam ruangan saja, melainkan juga di luar ruangan atau outdoor. Itulah mengapa dewasa ini dapur dengan konsep terbuka banyak diterapkan pada hunian masa kini dengan desain bermacam-macam. Jika Anda ingin membuat desain dapur terbuka di rumah impian Anda, inilah ide desain dapur outdoor terbaik yang dapat Anda jadikan inspirasi.

Ide Desain Dapur Outdoor

Desain dapur outdoor umumnya mengusung tema minimalis karena memberikan kesan bersih, luas, dan minimalis sehingga memberikan suasana memasak menjadi  menyenangkan. Jika Anda sudah mulai penasaran dengan apa saja ide desain dapur di luar ruangan, maka bisa mengikuti pembahasan berikut.

1. Desain Dapur Modern Outdoor

Desain Dapur Modern Outdoor

Untuk menciptakan desain dapur outdoor minimalis modern yang satu ini, maka Anda bisa memanfaatkan meja makan kayu yang selaras dengan tema outdoor yang menambah nuansa rustic. Tak cukup itu saja, Anda bisa meletakkan tanaman dan membentuknya menjadi sebuah taman mini yang menyejukkan. Dapur dengan desain ini cocok diterapkan di rumah yang memiliki suasana kehijauan dari tanaman yang tentunya menyegarkan suasana dapur yang seringnya panas.

Anda juga bisa menambahkan kitchen set dengan warna yang netral agar terlihat membaur dengan konsep dapur modern. Lantai dapur sebaiknya berwarna gelap dan bisa juga ditambahkan dengan aksen lantai kayu agar menambah suasana hangat. Nilai plusnya adalah, lantai bernuansa gelap akan meminimalisir penampilan dapur yang kotor apabila Anda sedang sibuk memasak makanan yang cukup banyak.

2. Desain Dapur di Halaman Belakang

Desain Dapur di Halaman Belakang

Apabila Anda memiliki halaman belakang yang cukup luas, maka bisa mendesain dapur di area tersebut. Saat menghadirkan desain dapur kecil terbuka di belakang rumah, Anda hanya perlu merancang tempat cuci piring, area persiapan berbagai bahan masakan, dan kompor. Selain itu, Anda juga bisa menaruh kursi dan meja kayu sebagai area makannya. Elemen tersebut jadi hal-hal penting dalam mendesain dapur.

Lalu, elemen lain yang tak kalah penting adalah padu padankan warna-warna netral agar dapur di halaman belakang terlihat lebih luas dan bersih. Dapur di area belakang pasti identik dengan tanah belakang rumah, tak ada salahnya agar Anda tanami dengan tanaman hijau yang mudah disiram sambil Anda memasak sarapan pagi di dapur atau memasak makan malam di sore hari.

3. Desain Dapur Industrial di Teras

Desain Dapur Industrial di Teras

Bagi Anda yang menyukai konsep industrial, maka tak perlu ragu untuk mencoba ide desain yang satu ini. Untuk mewujudkannya, Anda bisa menggunakan dinding ekspos di sekeliling area masak. Anda bisa menaruh perabotan masak Anda di dinding dapur dengan cara menggantungnya dengan rapi. Anda juga bisa memanfaatkan tirai bambu yang digantung untuk menghalangi terik sinar matahari atau cipratan air hujan, karena biasanya dapur dengan konsep outdoor akan akrab dengan percik air hujan.

Anda bisa memasang konsep desain dapur industrial outdoor ini di teras belakang ataupun teras samping rumah. letakkan kursi dan meja dengan elemen kayu yang senada dengan warna kitchen set.  Untuk menambah semarak dapur tema industrial dengan konsep outdoor, Anda bisa menaruh tanaman hias di pot atau tumbuhan rambat di dinding. Anda dapat juga menanam pepohonan rindang jika Anda memiliki area halaman samping atau halaman belakang yang cukup luas.

4. Desain Dapur Outdoor dengan Gaya Mini Bar

Desain Dapur Outdoor dengan Gaya Mini Bar

Desain dapur outdoor selanjutnya yaitu desain gaya mini bar. Untuk menghadirkan desain yang satu ini, Anda bisa memanfaatkan atap berupa kanopi. Selain itu, Anda bisa menciptakan taman kecil atau meletakkan pot tanaman hijau di samping dapur outdoor modern tersebut. Supaya terkesan seperti mini bar, Anda bisa aplikasikan interior dapur lainnya yang meliputi lampu gantung lengkap dengan meja dan kursi berjajar rapi di bawahnya.

Elemen penting lainnya yaitu kursi mini bar yang bergaya modern dan casual bisa menambah suasana ala cafe di dapur modern outdoor Anda. Aplikasikan lampu gantung dengan cahaya redup yang akan menambah suasana mini bar semakin hangat dan membuat Anda betah berlama-lama menikmati makanan atau minuman. Meskipun sudah ditambahkan kursi dan mini bar, jika ada cukup ruang, Anda juga bisa menata meja dan kursi makan untuk Anda dan keluarga tempati saat makan bersama.

5. Desain Dapur di Bawah Tangga Belakang Hunian

Desain Dapur di Bawah Tangga Belakang Hunian

Tangga di luar rumah bisa Anda manfaatkan untuk menciptakan dapur di bawahnya. Agar tampilannya terlihat estetik, Anda bisa menggunakan keramik subway yang warnanya putih di bagian dinding. Kemudian untuk lantainya, Anda bisa tempelkan palet kayu warna coklat muda. Jangan ragu untuk menggunakan desain dapur ini karena terlihat unik.

Peletakkan dapur di bawah tangga juga dapat menghemat penggunaan ruang. Jika rumah Anda tidak terlalu luas, dapur modern outdoor di bawah tangga belakang rumah tentunya adalah pilihan yang tepat. Selain itu, halaman belakang di seberang dapur dapat Anda jadikan ruang santai atau Anda pasangi rumput sintetis untuk menambah nuansa sejuk dari warna hijaunya. Selain pemanfaatan ruang yang brilian, dapur dengan konsep ini akan memberi kesan unik dan langka.

6. Desain Area Masak dan Makan di Luar Hunian

Desain Area Masak dan Makan di Luar Hunian

Luar hunian bisa Anda gunakan untuk menghadirkan dapur outdoor sederhana dan ruang makan. Area masak dan makan ini bisa Anda ciptakan dengan dukungan atap. Adanya atap bisa melindungi perabot ataupun dapur agar tak tergerus air hujan dan panas matahari. Anda juga bisa memasak secara nyaman.

Area dapur hendaknya ditambah kitchen set minimalis yang senada dengan warna dinding rumah. Anda dapat meletakkan ruang makan dengan meja kayu panjang dan kursi makan minimalis dengan warna netral agar Anda dan keluarga bisa makan bersama, bahkan Anda bisa mengundang teman atau keluarga besar Anda makan bersama di ruang makan dan dapur terbuka seperti ini. Apabila ada cukup ruang, dapat dimanfaatkan untuk membuat taman kecil atau kolam kecil yang dihiasi tanaman hijau.

7. Desain Area Masak di Ujung Jalan Setapak Taman

Desain Area Masak di Ujung Jalan Setapak Taman

Ujung jalan di setapak taman dapat Anda gunakkan untuk membuat dapur. Untuk menciptakannya, buatlah taman minimalis terlebih dahulu. Lalu, buat jalan setapak. Di ujung jalan setapak inilah dapur outdoor kecil Anda berada. Agar terlihat unik dan estetik, Anda bisa memanfaatkan tanaman hijau yang berjejer rapi atau bebatuan untuk menyelimuti tanah di taman mini.

Dapur dengan desain ini seakan melebur dengan taman mini di dalam rumah, sehingga Anda bisa mendapat 2 manfaat sekaligus dalam satu ruang terbuka, yaitu tempat memasak dan tempat bercocok tanam. Tak hanya itu, peletakkan kursi dan meja makan minimalis di dapur dengan konsep ini akan menambah suasana yang asyik saat makan atau masak. Bagaimana tidak? Anda dapat mengeksplorasi taman mini sambil Anda menunggu makanan matang!

Demikian ide desain dapur outdoor yang bisa menjadi inspirasi. Anda bisa memilih salah satu dari beragam desain dapur di atas. Dengan memilih salah satu ide desainnya, maka dapur outdoor Anda akan terlihat unik dan menawan. Jangan ragu untuk ciptakan dapur keren sekarang juga, selamat mencobanya!