Rekomendasi Bisnis di Kampung yang Menjanjikan

Artikel ini terakhir di perbaharui March 18, 2024 by David Ashari
Rekomendasi Bisnis di Kampung yang Menjanjikan

Ide bisnis di kampung ini dapat menjadi slah salah satu alternatif untuk Anda yang hendak pindah atau menetap di daerah tempat lahir di daerah. Bisa juga untuk Anda jadikan bisnis cabang untuk usaha yang tengah Anda kelola saat ini. Dengan begitu, Anda memiliki peluang yang bagus untuk bisa mendapatkan keuntungan yang  banyak.

Ide bisnis di Kampung yang Menjanjikan

Tidak hanya di kota saja, tetapi di kampung juga Anda dapat mengembangkan bisnis dengan lebih stabil. Namun, jika Anda merasa bingung untuk memulai usaha apa, maka beberapa usaha di desa yang sepi tetalienguntunhkan, dibawah ini menjadi salah satu referensi. Adapun bisnis yang bisa Anda coba adalah sebagai berikut!

Token Listrik dan Pulsa

Listrik sekarang sudah menyebar secara lebih merata darpada zaman 1990-an. Sehingga di desa pun sekarang sudah ada listrik. Sistem listrik yang sekarang ada yang pasca bayar dan pra bayar.  Sehingga hal ini bisa menjadi peluang untuk memulai menciptakan peluang usaha di desa dengan menjual token listrik. 

Namun, sebaiknya kamu menemukan terlebih dahulu supplier yang menyediakan token listrik dengan harga terjangkau. Meskipun di era sekarang banyak M-banking, E-wallet, dan lain sebagainya.  Meskipun begitu, biasanya ada biaya admin untuk setiap transaksinya.  

Sehingga ini akan memiliki cost yang lumayan dan Anda pun tidak akan mendapatkan keuntungan yang banyak.  Selain, menyediakan token listrik, Anda juga dapat menyediakan pulsa atau data internet untuk  konsumen. Dengan beragam pilihan paket dan nominal pulsa yang akan dipasarkan.

SPBU Mini

Seperti halnya di kota, bensin atau bahan bakar untuk kendaraan menjadi hal yang krusial di desa. Meskipun begitu, ternyata keberadaan penyedia bensin tidak terlalu banyak atau memiliki jarak yang jauh dari tempat tinggal. Bagi Anda yang tinggal di tempat dengan minim  penyedia bensin, maka contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing ini cocok untuk Anda coba.

Bahkan akan lebih bagus lagi, jika Anda memiliki kemampuan dalam bidang otomotif. Sehingga nantinya Anda dapat menyediakan produk atau layanan yang  lebih lengkap. Seperti halnya tambal ban, service kendaraan, hingga menyediakan aksesoris untuk kendaraan.

Peralatan dan Bahan Pertanian

Seperti yang kita ketahui, bahwa desa merupakan salah satu daerah yang menjadi tempat penghasil bumi. Seperti halnya hasil laut, pertanian, hingga perkebunan.  Namun, desa lebih terkenal sebagai penghasil pertanian. Maka, hal ini menjadi salah satu peluang yang bagus untuk Anda membuka usaha peralatan maupun bahan pertanian.

Dengan begitu, maka Anda dapat menjual obat tanaman menjual bibit, peralatan pertanian, dan lain sebagainya. Namun, jika Anda tertarik untuk membuka usaha di kampung modal 5 juta ini, Pastika menyediakan tempat khusus karena untuk pupuk, ini akan menimbulkan aroma yang tidak enak. Sehingga jika di taruh di rumah, maka akan membuat Anda dan keluarga merasa tidak nyaman. Meskipun begitu, bisnis ini memiliki peluang yang tinggi.

Ternak Lele

Membuka usaha lele menjadi salah satu alternatif yang tepat untuk Anda pilih. Selain karena biasanya di desa lahan masih luas, memelihara ikan lele juga terbilang cukup mudah daripada ikan lainnya. Hal ini karena usaha di kampung modal 2 juta ini tidak membutuhkan perawatan yang begitu intens. 

Bahkan ikan ini diklaim sebagai salah satu ikan yang memiliki daya tahan yang kuat dalam segala situasi. Sehingga dapat hidup dalam berbagai macam situasi dan kondisi. Tidak hanya itu saja, memelihara ikan lele tidak membutuhkan modal yang tinggi. 

Ikan lele juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Dari mulai lemak, protein, vitamin B12, kalium, dan lain sebagainya. Sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Anda juga dapat memasarkannya ke pedagang pecel lele, pengepul, konsumen langsung, dan lain sebagainya.

Ayam Petelur

Meskipun di desa bisa siapa saja memelihara ayam, tetapi tidak ada salahnya untuk memulai usaha yang tidak pernah sepi ini di kampung.  Sehingga warga desa tidak perlu repot-repot menunggu ayam-ayam mereka bertelur dulu atau jauh-jauh membelinya baru bisa memasak telur. Selain dapat dimasak dengan berbagai macam sajian, telur juga kaya akan vitamin serta mineral yang baik untuk kesehatan.

Terutama suasana desa  sangat tenang dan asri, sehingga dapat membuat ayam-ayam petelur akan jauh lebih rileks. Sehingga dapat menghasilkan telur yang jauh lebih berkualitas baik. Selain menjual ke konsumen terakhir, Anda juga dapat menjualnya ke warung-warung, rumah makan, toko besar, dan lain sebagainya.

Jajanan Pasar

Usaha modal 1 juta di kampung ini cukup menjanjikan karena biasanya di daerah desa banyak kegiatan sosial maupun keagamaan.  Dimana nantinya Anda dapat menjual berbagai macam jajanan pasar. Dari mulai kue lapis, putu ayu, pie susu, pisang aroma, arem-arem, nagasari, onde-onde, dan lain sebagainya.

Nantinya, Anda dapat menjual untuk berbagai kebutuhan. Seperti halnya acara pengajian, nikahan, syukuran, dan lain sebagainya. Dengan begitu, bisnis ini cukup menjanjikan. Nantinya, Anda dapat mempekerjakan orang lain untuk membantu membuat kue.

Agen Elpiji

Gas elpiji menjadi salah satu komoditas yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Pasalnya, gas tersebut merupakan bahan bakar untuk membuat kompor menyala. Setelah menggantikan minyak tanah di zaman dulu. Dengan begitu, Anda dapat memulai ide bisnis rumahan di kampung ini.

Nantinya, Anda dapat mendaftar sengaja agen resmi dari gas ini dan bisa menyalurkannya ke masyarakat. Untuk  bisa menjadi agen resmi, Anda perlu langsung mendaftar ke Pertamina terdekat. Usahakan jangan terbuai oleh calo-calo yang mengaku bahwa mereka adalah distributor dan menawarkan harga murah.

Ide bisnis jualan di kampung yang dapat Anda coba untuk implementasikan yaitu menjadi agen elpiji, jajanan pasar, bahan dan peralatan pertanian, dan lain sebagainya. Meskipun di desa, Anda dapat memasarkannya melalui sosial media seperti halnya Facebook. Pasalnya, disana banyak grup-grup yang memungkinkan untuk Anda masuki yang memang masih berkaitan dengan desa tempat Anda tinggal.