Contoh RAB Rumah dan Cara Membuat RAB Rumah yang Benar

Artikel ini terakhir di perbaharui August 30, 2023 by David Ashari
Contoh RAB Rumah dan Cara Membuat RAB Rumah yang Benar

Dalam membangun sebuah rumah, memiliki perencanaan yang matang memiliki kelebihan tersendiri karena memungkinkan pemilik rumah untuk menyesuaikan budget mereka. Salah satu yang perlu direncanakan yakni Rencana Anggaran Biaya atau biasa disebut RAB sebagai panduan dalam menghitung biaya yang akan dikeluarkan. Berikut ini adalah contoh RAB bangunan rumah yang akan dijelaskan lebih lanjut:

Pengertian Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Rencana Anggaran Biaya atau RAB bangunan menjadi salah satu poin penting yang mempunyai andil besar dalam suksesnya proses proyek pembangunan. RAB sendiri diperlukan untuk menjadi acuan dalam pengerjaan proyek konstruksi supaya pembangunan berjalan lebih lancar. Karena itu, perlu dilakukan dengan rinci dan jelas untuk memastikan anggaran atau budget dapat digunakan secara tepat.

Fungsi dan Pentingnya RAB

Sebelum masuk ke pembahasan contoh RAB bangunan, Anda perlu tahu dulu apa saja fungsi dari RAB. Cost planning berperan penting dalam proses mendirikan bangunan. Penyusunan RAB dapat membantu berjalannya proyek lebih efektif. Di bawah ini sejumlah fungsi RB dalam memudahkan pekerjaan kamu.

  • Dasar Penentuan Kontraktor

Memilih kontraktor yang tepat sangat penting untuk kesuksesan proyek konstruksi rumah Anda. Pembuatan RAB yang benar bisa membantu dalam menentukan jasa kontraktor. RAB ini dapat menunjukkan kontraktor dengan memiliki keahlian apa yang dibutuhkan dan ukuran proyek yang dikerjakan.

  • Sebagai Rancangan Perhitungan Biaya Keseluruhan

Sebagai bagian dari perencanaan proyek konstruksi, perhitungan biaya keseluruhan (total) memainkan peran penting. Hal ini melibatkan estimasi biaya untuk semua aspek proyek, termasuk bahan, tenaga kerja, peralatan, dan lainnya. 

  • Menentukan Peralatan yang Dibutuhkan

Dalam menjalankan suatu proyek tentunya membutuhkan peralatan yang tepat. Untuk memastikan pekerjaan dapat berjalan dengan lancar. RAB dapat membantu untuk menentukan berbagai peralatan yang diperlukan selama proyek pembangunan berjalan.

  • Mendata Material yang Diperlukan

Setiap elemen pengerjaan dari proyek konstruksi, terkait dengan kebutuhan material, secara detail akan tercatat dalam RAB. Karena itulah diperlukan ketelitian dan perhitungan yang tepat dan benar. Kesalahan dalam perhitungan dapat berakibat pada terhambatnya pekerjaan. Oleh karena itu, cara membuat RAB bangunan perlu diperhatikan dengan betul.

Estimasi Hitungan Biaya Keseluruhan

Cara menghitung RAB bangunan terdapat dua cara, pertama dengan sistem analisis harga satuan dari bangunan dan system meter persegi. Keduanya memiliki keuntungan masing-masing, sistem meter persegi memiliki keunggulan dari segi perhitungan waktu lebih cepat. Sementara itu, cara yang kedua menawarkan tingkat ketelitian yang baik.

  • Sistem Per Meter Persegi

Contoh estimasi biayanya menggunakan metode ini saat membangun rumah dengan lebar 8 dan panjang 10 m. Luas bangunan sebesar 80 meter persegi. Harga bangunan setiap meter persegi saat pengerjaan konstruksi ditaksir dengan harga Rp 3 juta. Lalu Anda hanya perlu mengalikan luas bangunan dengan harga per meter persegi, yakni 80 meter persegi x 3 juta rupiah, hasilnya Rp 240 juta.

  • Sistem Analisis Harga Satuan

Contoh RAB bangunan dengan sistem ini dilakukan jika Anda membutuhkan pemasangan ubin seluas 50 meter persegi. Biaya pengerjaan pemasangan ubin ini dapat dihitung dari penggalian luas dengan harga satuan ubin. Misalnya harga satu meter persegi dari ubin adalah Rp 105 ribu. Maka biaya pemasangan ubin sebesar Rp 5.250.000. Sistem yang satu ini bisa dilakukan menggunakan contoh RAB bangunan excel.

  • Mengetahui Material yang Dibutuhkan

Dalam setiap elemen pengerjaan proyek konstruksi, kebutuhan material akan dicatat dalam RAB secara detail. Karena itulah ketelitian dan perhitungannya harus benar. Kesalahan dalam menghitung dapat berakibat terhambatnya pekerjaan. Anda bisa menentukan harga bahan berdasarkan harga pasaran pada lokasi rumah yang akan dibangun.

  • Menentukan Peralatan yang Diperlukan

Selanjutnya, untuk membuat sebuah proyek maka diperlukan peralatan yang sesuai dan tepat. Untuk dapat membuat pekerjaan berjalan sesuai rencana dengan lancar, maka adanya RAB mampu membantu. RAB diperlukan agar peralatan yang nantinya disiapkan dapat ditentukan sebelum melaksanakan pembangunan.

Jenis-Jenis RAB

Untuk RAB keperluan pembangunan rumah, pastinya dipakai dalam mendirikan bangunan, baik untuk hunian maupun komersial. Nah, berikut adalah jenis RAB pembangunan rumah.

  • RAB Taksiran

Jenis pertama adalah RAB yang dibuat pemilik proyek pembangunan. Kemudian, RAB ini diperlukan agar dapat memberi gambaran anggaran dari ide-ide konstruksi yang nantinya akan dijalankan.

  • RAB Pendahuluan

RAB jenis ini merupakan lanjutan setelah menentukan desain dari konsultan proyek pembangunan di awal. Nah, untuk RAB Pendahuluan ini seorang konsultan wajib merencanakan secara terperinci serta cermat.

  • RAB Sesungguhnya

Jenis RAB ini secara resmi dicantumkan dalam kontrak dan berfungsi sebagai panduan biaya akhir sebelum memulai proyek pembangunan.

  • RAB Detail

Untuk jenis RAB Detail biasanya dibuat oleh kontraktor sebagai penanggungjawab. Rancangan RAB nantinya wajib mengikuti desain yang telah konsultan proyek buat.

Cara Menyusun RAB yang benar

Pada dasarnya, penyusunan RAB membutuhkan perhitungan volume pekerjaan dengan harga setiap satuan pekerjaan. Akan tetapi, pada mekanisme pembuatannya, RAB wajib mencakup paling tidak beberapa elemen penting, antara lain:

  • Persiapan dan Visualisasi Detailed Engineering Design

Elemen ini biasa dikenal dengan istilah gambar kerja detail. Elemen ini penting dalam merencanakan sebuah proyek, apalagi RAB. Gambar kerja ini membuat perhitungan volume dari pekerjaan menjadi mudah.

  • Menentukan Besarnya Volume Pekerjaan

Jika semua item yang diperlukan dalam membangun rumah telah tercakup dalam daftar, maka sudah waktunya untuk melakukan perhitungan volume pekerjaan menurut satuannya. Masing-masing item bisa mempunyai satuan berbeda, misalnya per unit, m2, atau m3.

  • Menentukan Harga Tiap Unit

Setelah memperhitungkan volume dari satuannya, maka selanjutnya menghitung harga masing-masing item. Harga yang nantinya dipakai yakni harga dari masing-masing item sesuai standar pasar sekitar lokasi pembangunan.

  • Menghitung Biaya Pekerjaan

Selanjutnya dapat menghitung anggaran setiap elemen pekerjaan. Yakni dengan mengalikan harga satuan per item dengan volume pekerjaan.

  • Menghitung Keseluruhan Biaya Dari Setiap Sub Pekerjaan

Masing-masing unit yang sudah diperoleh maka bisa dipakai untuk menghitung semua anggaran setiap sub pekerjaan. Jadi, rincian dari masing-masing sub pekerjaan bisa dijumlahkan guna memperoleh total nilai keseluruhan proyek pembangunan.

Cara Menghitung RAB Rumah

Terdapat dua cara perhitungan RAB dalam dunia konstruksi, yakni sistem analisis harga per satuan bangunan serta sistem meter persegi. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.

  1. Sistem Analisis Harga Per Satuan Bangunan

Langkah yang bisa diikuti adalah:

  • Memastikan mempunyai gambar rumah untuk dibangun.
  • Mempunyai spesifikasi dari daftar bahan serta harganya. Selain itu juga merinci daftar biaya pekerja, daftar pekerjaannya, hingga volume pekerjaan.
  • Per item pekerjaan dihitung volumenya menurut ukuran dan gambar bangunan. Harga satuan ini dihitung dengan cara mengalikan harga satuan dengan volume.
  1. Sistem Setiap Meter Persegi

Cara yang dapat dilakukan adalah:

  • Pastikan terlebih dahulu data yang diperlukan suda tersedia. Misalnya harga bangunan per meter persegi, juga luas banguannya.
  • Sesuaikan juga antara harga bangunan dan lama pengerjaan rumah.

Contoh RAB rumah 1 Lantai dan 2 Lantai

Besaran biaya yang tertera di RAB akan sangat bervariatif antara satu bangunan ke bangunan lain karna akan dipengaruhi banyak hal seperti jenis dan bahan konstruksi, lokasi, besaran rumah baik 1 lantai atau 2 lantai, dan seterusnya. Berikut contoh perhitungan RAB rumah 1 lantai:

rab 1 rumah 1 lantai
gambar dari Linktown

Gambar diatas hanyalah contoh RAB untuk pengerjaan persiapan dan pondasi, untuk tahap pengerjaan lainnya bisa download file contoh rab rumah 1 lantai dengan klik tombol di bawah ini.

Download RAB

Itulah contoh RAB Rumah dan Cara Membuat RAB Rumah yang Benar. Setiap bagian RAB mencakup estimasi biaya terperinci untuk komponen yang relevan dengan aspek konstruksi yang sesuai. Contoh RAB rumah ini membantu dalam memahami alokasi biaya yang diperlukan untuk setiap aspek proyek konstruksi dan membantu dalam perencanaan anggaran, pengawasan biaya, dan pengendalian proyek secara keseluruhan.