Cara Membersihkan Nama di BI Checking Agar Kredit Mudah Approved

Artikel ini terakhir di perbaharui November 8, 2023 by David Ashari
Cara Membersihkan Nama di BI Checking Agar Kredit Mudah Approved

Cara membersihkan bi checking sangat penting untuk Anda lakukan karena dengan begitu, pengajuan kredit yang akan Anda lakukan tidak akan terkenal. Pasalnya, jika jejak kredit yang Anda miliki tergolong tidak bagus, maka akan sulit untuk mendapatkan persetujuan kredit. Baik dari pihak bank maupun lembaga.

Apa itu BI Checking?

Sebelum membahas lebih jauh, perlu Anda ketahui bahwa BI Checking merupakan pengecekan informasi debitur individu yang biasanya mencatat macet atau lancarnya pembayaran kredit yang Anda lakukan.  Informasi yang masuk tersebut akan masuk ke dalam sistem yang dikenal dengan SID. Akan tetapi sekarang berubah menjadi SLIK OJK atau Sistem Layanan Informasi Keuangan.

Hal ini karena adanya pergantian pengawasan dari OJK.  Adapun untuk eimway dari kredit nasabah lembaga keuangan maupun perbankan disebut dengan iDEB. Selain itu, bank maupun lembaga keuangan memiliki akses terhadap data informasi debitur.  

Dari mulai fasilitas penyediaan dana, agunan, kolektibilitas, pinjaman, agunan, dan lain sebagainya. Sehingga banyak aneka informasi yang dapat diakses oleh para anggota Biro Informasi Kredit setiap  jam setiap harinya.

Rincian Skor Kredit di BI Checking

Saat melakukan maka akan timbul kategori skor mengenai kredit Anda. Dimana skor tersebut menjelaskan perilaku dari Anda dalam menyelesaikan atau melakukan pemasaran terhadap kredit yang dimiliki. Untuk skor nya sendiri adalah sebagai berikut!

  • Skor 1 menunjukan bahwa kredit dibayarkan oleh debitur dengan lancar setiap bulannya. Tanpa adanya penunggakan.
  • Skor 2 menyatakan bahwa kredit dalam perhatian khusus yang artinya debitur telah tercatat menunggak cicilan dengan durasi waktu 1 hari sampai dengan 90 hari.
  • Score 3 artinya pembayaran yang dilakukan oleh debitur meninggal dengan durasi waktu sekitar 91 sampai dengan 120 hari
  • Skor 4 artinya debitur telah tercatat menunggak dengan durasi keterlambatan dar 121 hingga dengan 180 hari
  • Skor 5 yang menunjukan bahwa debitur tercatat sebagai orang yang menunggak dengan durasi 180 hari dan ini adalah skor tertinggi atau bisa dikatakan bahwa nilai kredit terbilang buruk.

Cara Pemutihan Berdasarkan BI Checking

Cara membersihkan bi checking di ojk online  dapat kamu lakukan dengan beberapa tahapan. Dengan begitu, catatan kredit dapat menjadi bersih. Untuk caranya sendiri adalah sebagai berikut!

Mengecek Nama

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengecek nama yang digunakan dengan pihak pemberi pinjaman kepada Bank Indonesia. Lihatlah apakah nama Anda tercatat sebagai seseorang masuk ke dalam kategori di blacklist atau tidak. Selain itu, melalui SLIK Anda juga dapat mengetahui apakah masih ada tanggungan yang perlu Anda bayarkan atau tidak. Lakukanlah cek bi checking ktp dengan cara mengunjungi halaman resmi OJK.  

Kemudian, isilah data sesuai dengan KTP yang gunakan dalam mengajukan kredit. Selain itu, cara membersihkan bi checking online inipun akan meminta Anda untuk mengisi jam antrian dan tanggal layanannya. Sehingga jika Anda tidak dapat memilih antrian, maka dapat melakukannya di kemudian hari pada saat kuotanya tersedia.

Melunasi Kewajiban

Salah satu cara membersihkan bi checking kol 5 yaitu dengan menyelesaikan atau melunasi kewajiban cicilan terlebih dahulu. Pasalnya, selama kewajiban belum diselesaikan maka catatan kredit yang kamu miliki belum bersih.  Untuk mengetahui total pastinya, kamu dapat mengecek terlebih dahulu di SLIK. Lakukanlah pembayaran sesegera mungkin, sehingga beban yang Anda perlu selesaikan pun tidak terlalu besar. Apanya, semakin lama maka bunganya pun akan semakin tinggi. Akan tetapi, apabila Anda tidak mengajukan kredit dan Anda tercatat memiliki tagihan. Maka hal yang perlu Anda lakukan untuk pertama kali adalah melaporkan permasalahan tersebut kepada pihak yang menyediakan layanan  kredit. Nantinya, jika memang anda dinyatakan tidak menggunakannya maka tagihan tersebut haruslah dihapuskan. Dalam kasus ini maka pemutihan bi checking tanpa pelunasan  bisa saja terjadi.

Cek Kembali Skor

Cara membersihkan blacklist bi checking selanjutnya yaitu dengan melihat kembali catatan skor kredit setelah melakukan pelunasan. Apakah skor yang tercatat dalam BI masih sama ataukah berubah.

Apabila terjadi skor yang tidak berubah-ubah meskipun dengan durasi waktu yang telah ditentukan. Maka tidak ada salahnya untuk mengajukan laporan kepada pihak penyedia kredit. Baik itu bank maupun lembaga penyedia pinjaman atau kredit.

Laporan Lunas dari Bank Tempat Mengajukan Kredit

Pemutihan bi checking tanpa pelunasan online  sebenarnya itu tidak mungkin karena kewajiban yang Anda miliki untuk pelunasan itu akan terus ada, sebelum lahirnya kredit telah dilunasi.

Setelah itu, Anda dapat mengkonfirmasi hal tersebut kepada OJK bahwa kredit sudah diselesaikan. Kemudian tunggulah beberapa saat sampai BI Checking benar-benar bersih.

Fungsi BI Checking

BI checking sebenarnya penting untuk Anda lakukan atau ketahui, sehingga riwayat kredit yang diambil dapat diketahui dengan baik. Selain itu, hal ini pun dapat digunakan oleh pihak penyedia kredit untuk mengecek apakah calon debiturnya benar-benar dapat dipercaya atau tidak.  Dimana hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari kredit macet. Untuk lebih jauh simak ulsan berikut ini!

Acuan penilaian

BI Checking berfungsi untuk menjaga sumber acuan penilaian terhadap debitur yang dilakukan oleh bank maupun lembaga keuangan. Sehingga mereka dapat memutuskan apakah Anda memang memiliki nilai yang cukup untuk mengajukan atau tidak. Jika memang skor kredit Anda bagus, maka ajuan pinjam yang dilakukan akan disetujui.

Dasar analisa

 Catatan kredit ini pun dapat dijadikan sebagai salah satu analisa bagi kreditur maupun debitur. Dengan melihatnya, keduanya dapat mengetahui apakah memang kredit yang akan diajukan itu mampu untuk dibayar atau tidak. Selain itu, hal ini pun dilihat dari muali jumlah uang yang dipinjam, kedisiplinan, kemampuan membayar, dan lain sebagianya.

Mengumpulkan data

BI Checking juga berfungsi untuk dapat mengumpulkan semua data yang terkait dengan debitur. Hal ini digunakan sebagai database yang dikelola secara langsung oleh pihak lembaga keuangan resmi yang ada di negara ini. selain itu, kerahasian informasi maupun akses terhadap informasi ini dinilai ketat dan sangat terjamin keamananya.

Waktu Pembersihan BI Checking

Setelah mengetahui menangani skor, cara pemutihan, dana pa itu BI Checking mak sering kali ada pertanyaan mengenai, berapa lama pemutihan bi checking?  Untuk hal ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 24 sampai dengan 60 bulan setelah pelunasan kredit yang dilakukan oleh debitur. Setelah semuanya selesai maka catatn kredit pun kan terhapuskan.

Cara membersihkan bi checking  dapat Anda lakukan dengan mengunjungi terlebih dahulu halaman resmi dari OJK, memasukkan nama, kemudian pilih antrian dan waktu. Setelah itu, kamu lakukan pembayaran sesuai dengan nominal jumlah yang tertera dari halaman tersebut. Lalu, carilah kembali apakah skor telah berubah atau tidak. Jika sudah, maka silahkan ajukan laporan pelunasan kepada OJK.