5 Fakta Menarik Desain Rumah Betawi yang Bisa Jadi Inspirasi

Artikel ini terakhir di perbaharui August 30, 2023 by David Ashari
5 Fakta Menarik Desain Rumah Betawi yang Bisa Jadi Inspirasi

Di tengah majunya kehidupan masyarakat saat ini, pemilihan desain rumah menjadi hal yang sangat penting. Tak hanya menonjolkan desain rumah modern saja, sebagian orang masih memperhatikan desain rumah adat. Salah satunya adalah desain rumah Betawi.  Rumah Betawi memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri, sehingga sampai saat ini masih banyak peminatnya. Menariknya lagi, rumah Betawi memiliki beberapa jenis. Masing-masing memiliki desain dan konsep yang berbeda.

Desain Rumah Betawi

Di Indonesia, rumah kebaya adalah rumah yang tercatat resmi sebagai rumah adat Betawi. Sebenarnya terdapat beberapa rumah adat Betawi lainnya namun tidak begitu terkenal.  Bagi Anda yang saat ini tengah mencari inspirasi untuk membangun rumah Betawi, berikut ini beberapa pilihannya.

1. Rumah Betawi Kebaya

 

Rumah Betawi Kebaya

Rumah Betawi Kebaya ini merupakan model rumah Betawi tempo dulu. Dengan kata lain, rumah kebaya Betawi merupakan rumah asli suku Betawi. Sama halnya dengan namanya, rumah ini memiliki bentuk seperti kebaya. Selain itu, desain rumahnya pun membutuhkan gaya arsitektur dan bangunan yang cukup mahal.

Pada bagian genteng terbuat dari tanah liat atau anyaman daun kirai. Kemudian, untuk pondasi rumahnya sendiri menggunakan batu yang tersusun secara berumpak. Desain rumah ini memiliki tiang dan pondasi yang kokoh. Sementara itu, untuk bagian dindingnya sendiri terbuat dari kayu nangka. Untuk memperlihatkan kesan yang semakin unik, dinding tersebut bisa Anda cat dengan warna-warna cerah. Umumnya, konstruksi rumah adat kebaya ini berupa kombinasi bata dan bambu.

2. Rumah Betawi Joglo

 

Rumah Betawi Joglo

Tak hanya desain rumah zaman dulu saja, desain rumah Betawi modern pun juga bisa Anda coba. Salah satunya adalah rumah Betawi Joglo. Desain rumah ini memiliki arsitektur yang sudah terpengaruh oleh rumah adat Jawa. Sebagian bentuknya menyerupai rumah Joglo yang terdapat di Jawa Tengah maupun Jawa Timur. 

Desain rumah semacam ini sangat mudah kita temukan di daerah perkotaan. Atap dari desain rumah ini berbentuk gunung. Kemudian untuk bagian konstruksinya berbentuk bujur sangkar.

Desain rumah Betawi modern ini memiliki beberapa ruangan, yaitu ruang depan, ruang tengah, dan ruang belakang. Masing-masing bagian atau ruangan pada desain rumah tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Misalnya saja untuk ruang depan sebagai ruang tamu, ruang tengah sebagai ruang keluarga dan beberapa kamar tidur, serta ruangan belakang untuk ruang makan, kamar mandi, dan dapur.

3. Desain Rumah Gadang

 

Desain Rumah Gadang

Bila Anda tengah mencari desain rumah Betawi minimalis, rumah Gadang ini bisa menjadi salah satu pilihannya. Umumnya, desain rumah ini berbentuk persegi panjang dengan menggunakan atap rumah berbentuk pelana kuda. Karena ukurannya yang minimalis, rumah ini hanya memiliki dua bagian, yakni depan dan belakang. Pada bagian belakangnya menyatu dengan bagian tengah. Masing-masing bagian atau ruangan pada model rumah Betawi minimalis ini memiliki fungsi berbeda. Bagian depannya, berfungsi untuk menjamu tamu, sedangkan bagian tengah atau belakang ini berfungsi sebagai ruang keluarga, dapur, ruang makan, dan lain sebagainya.

4. Desain Rumah Panggung

 

Desain Rumah Panggung

Anda juga bisa menggunakan desain rumah Betawi sederhana seperti rumah Panggung ini. Desain rumah ini menjadi hunian bagi orang-orang yang tinggal di daerah pesisir, terutama mereka yang berprofesi sebagai nelayan. Rumah Panggung ini memiliki konstruksi yang tinggi agar memberikan perlindungan bagi penghuninya dari deburan ombak. 

Rumah ini menggunakan material seperti bambu dan kayu. Sedangkan untuk bagian atapnya menggunakan tanah liat. Desain rumah Betawi tingkat ini juga memiliki ciri khas tersendiri. Memiliki lubang-lubang ventilasi berbentuk ketupat, segi empat, maupun lingkaran. Berkat ventilasi-ventilasi tersebut, membuat setiap rumah Panggung Betawi semakin estetik.

5. Rumah Gudang

 

Rumah Gudang

Pada zaman dahulu, masyarakat diperbolehkan membangun rumah di pesisir pantai dan pedalaman. Rumah gudang merupakan salah satu jenis yang didesain oleh orang yang mendiami rumah di pedalaman. Rumah adat betawi jenis Gudang ini umumnya memanjang dengan bentuk persegi panjang. Struktur rumahnya mempunyai bentuk atap yang berbentuk pelana dengan ornamen jurai dan perisai. Lalu, struktur kuda-kuda digunakan sebagai struktur atap pada rumah gudang.

Desain rumah Betawi terbaru pun sudah banyak kita jumpai. Bahkan, rumah Betawi modern 2 lantai juga menjadi pilihan bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Demikian informasi tentang rumah adat Betawi. Rumah desain Betawi dibangun dengan ciri khasnya tersendiri, sehingga memberikan kekayaan budaya di Indonesia.