Rumah Atap Multiroof, Kenali Jenis dan Ragam Keunggulannya!

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2023 by David Ashari
Rumah Atap Multiroof, Kenali Jenis dan Ragam Keunggulannya!

Atap merupakan bagian penting dari suatu bangunan. Terlebih untuk hunian yang kegunaannya untuk berlindung dari hujan maupun panas. Atap sendiri juga punya banyak jenis, salah satunya yaitu rumah atap multiroof. Ya, jenis atap multiroof kerap kali jadi opsi yang punya keunggulan lantaran terbuat dari bahan dasar logam.

Beratnya pun cukup ringan, hanya 10% dari beban atap genteng beton. Atap multiroof juga punya sifat anti karat, anti pecah, serta tahan akan benturan, dan meredakan panas. Nah, atap multiroof ini adalah pilihan tepat untuk digunakan di rumah pada daerah rawan gempa. Oleh karenanya, atap multiroof ini jadi cukup populer di tanah air.

Apa Itu Rumah Atap Multiroof?

Sejalan dengan perkembangan zaman, jenis atap rumah juga kian berkembang. Alhasil, munculnya suatu inovasi pengganti atap genteng bata yang dinamakan atap multiroof. Ya, atap multiroof ini merupakan atap metal yang tergolong salah satu jenis atap atau genteng terobosan baru di Tanah Air.

 Atap multiroof ini punya beragam jenis yang berbeda-beda. Dengan demikian, Anda bisa menggunakannya sesuai dengan keinginan serta kebutuhan Anda. Jenis atap satu ini juga mempunyai banyak keunggulan.

Jenis Atap Rumah Multiroof

Bukan tanpa alasan, rumah atap multiroof mulai banyak diminati. Hal tersebut karena jenis atap satu ini punya banyak jenis yang dapat Anda pilih berdasarkan kebutuhan. 

Ya, jenis atap rumah multiroof yang bisa Anda jumpai di pasaran bukan hanya satu, namun terdapat berbagai macam jenisnya. Tiap-tiap jenis atap multiroof memiliki ciri, fungsi, dan harga yang berbeda-beda.

  • Atap Multi Roof Stainless Steel

Atap genteng multiroof stainles steel ini adalah salah satu atap yang punya kualitas kokoh. Nah, dengan alasan itulah, jenis atap genteng metal ini sangat cocok jika dipakai pada daerah yang cuacanya ekstrim. Dari segi bobotnya, atap multiroof stainles steel ini dapat dikatakan lebih berat ketimbang jenis yang lain, alumunium misalnya.

  • Atap Multi Roof Galvalume Steel

Material atap satu ini yaitu berupa baja ringan. Sehingga, atap multiroof galvalume steell punta efek lentur serta gampang dibentuk. Jenis atap tersebut banyak dipakai pada berbagai bangunan di perkotaan. Mulai dari hunian pribadi maupun bangunan komersial.

Type genteng metal ini cukup populer lantaran memiliki daya tahan kuat serta sangat tahan akan korosi. Bukan hanya itu, genteng jenis ini pun mempunyai tampilan metalik serta pilihan warnanya bervariasi. Kelebihan lainnya yaitu harganya yang relatif murah per lembarnya daripada jenis genteng metal lain.

  • Atap Multiroof Tembaga

Dari sekian banyak pilihan rumah atap multiroof, jenis multiroof satu ini punya harga yang lebih mahal ketimbang lainnya. Selain daya tahannya, atap ini bisa memberi kesan klasik nan mewah, karena warna tembaganya. Ya, tidak sedikit bangunan-bangunan tua bersejarah yang memakai bahan atap genteng metal tersebut.

  • Atap Metal Spandek

Atap genteng metal ini terbuat dari campuran alumunium serta seng. Sehingga, bobotnya lebih terasa ringan. Permukaan dari atap ini bentuknya bergelombang dan gampang dibentuk. Biasanya juga diberikan lapisan cat untuk ketahanan dan estetika.

Material atap spandek ini punya daya tahan yang sangat bagus serta tampilannya pun lebih modern ketimbang atap dari bahan tanah liat. Berbentuk kotak-kotak simetris serta cocok dipakai sebagai atap hunian minimalis maupun industri. Atap ini juga jadi salah satu primadona, sebab selain tampilannya, harganya pun cukup terjangkau.

  • Atap Multiroof Standing Steam

Bagi Anda pecinta hunian minimalis, material atap multiroof standing steam ini tampaknya cocok untuk Anda. Pasalnya, eksterior bakal tampil makin cantik dan elegan dari warnanya yang tampak mengkilap. Rangka atap standing steam ini biasanya dipasang menyatu langsung dengan genteng atap. Dengan demikian, unggul untuk mengurangi geseran apabila terjadi bencana alam seperti gempa bumi.

  • Atap Multiroof Berpasir

Penampilan sekilas dari sand coated (atap multiroof berpasir)) ini memang mirip dengan atap biasa. Namun di bagian permukaannya memiliki tekstur berpasir. Tekstur ini dapat diperoleh dari atap multiroof yang terbuat dari beraneka ragam bahan campuran. Mulai dari alumunium, seng, serta baja, yang mana telah ditambahkan serbuk pasir sebagai isolatornya.

Serbuk pasir tersebut punya kegunaan sebagai penyerap panas dan punya ketahanan cukup bagus akan semua bentuk benturan maupun tekanan. Atap genteng ini juga memiliki ketebalan yang cukup beragam sehingga dapat Anda pilih sesuai keinginan.

  • Atap Metal Milenium

Dengan material dominan stainless steel, rumah atap multiroof jenis ini punya warna metalik yang mencerminkan hunian modern. Ya, atap jenis ini punya berapa ringan tetapi ketahanannya sangat baik. Selain itu, atap metal millenium juga termasuk ramah lingkungan, sebab bisa didaur ulang.

  • Atap metal Multiroof

Jenis atap metal multiroof merupakan atap yang terbuat dari material metal yang berupa lapisan seng dan alumunium. Dengan tampilan menariknya, mampu memberikan kesan modern.. Atap ini juga sudah melewati proses cat, sehingga tak gampang pudar dalam waktu cepat.

Keunggulan Atap Rumah Multiroof

Atap rumah multiroof terbuat dari material baja ringan yang berlapis alumunium, zinc, serta fosfat. Sehingga, atap jenis ini cukup populer akan kekokohan serta kekuatannya. Meskipun masing-masing jenis atap punya kelebihan maupun kelemahan tersendiri, namun jenis multiroof senantiasa jadi incaran banyak orang. Sebab punya berbagai kelebihan.

Berikut ini keunggulan yang dimiliki oleh rumah atap multiroof.

  • Minim Perawatan

Selain punya sifat anti karat yang bagus, atap multiroof juga bersifat anti jamur dan juga anti lumut. Dengan demikian, hal itu nantinya mampu meminimalisir persoalan biaya perawatannya.

  • Tahan Lama

Di lain sisi, karena terbuat dari material baja ringan atau galvalum, menjadikan multiroof dapat semakin kokoh serta awet untuk waktu yang lama. Bahkan, jenis atap ini dapat dipergunakan sampai bertahun-tahun lamanya. Sehingga, Anda tak perlu menggantinya dalam waktu dekat. Nah, secara tak langsung biaya yang Anda keluarkan pun jauh lebih hemat, bukan?

  • Tahan Gempa

Atap Multiroof ini juga sangat recomended untuk dipakai di berbagai jenis bangunan hunian yang lokasinya berada di wilayah dengan potensi gempa cukup rawan.

  • Mudah Dipasang

Karena beratnya sangat ringan dan tipis, proses pemasangan atap multiroof di bangunan rumah Anda ini pun sangat mudah. Selain itu, proses pemasangan atap juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Bahkan, Anda dapat memasangnya sendiri, tanpa harus meminta bantuan pada tukang. 

Beratnya yang ringan juga tidak akan terlalu membebankan struktur bangunan secara menyeluruh nantinya. Selain itu, rumah atap multiroof ini juga dapat didaur ulang. Sehingga hal ini menjadi solusi tepat dan menjadi daya tarik tersendiri untuk masyarakat. Terlebih untuk mereka yang berorientasi terhadap lingkungan.